Upacara Sembahyang Cioko Digelar Sederhana dan Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Kota Pekalongan – Umat Tri Dharma di Kota Pekalongan memperingati Upacara Sembahyang Cioko atau Sembahyang Perebutan yang jatuh pada bulan 7 Imlek tanggal 15 di Kelenteng Po An Thian, Jalan Blimbing 3-7 Kota Pekalongan, Rabu (2/9/2020). Sembahyang Cioko ini untuk memberi sesaji kepada arwah para leluhur yang tidak terurus ini digelar secara sederhana karena masih adanya Covid-19.Hal ini diungkapkan Ketua Yayasan Kelenteng Po An Thian, Heru Wibawanto Nugroho saat ditemui di kelenteng setempat. “Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 dan mengikuti protokol kesehatan maka untuk Chit Gwee Phoa 2571/2020, Sembahyang Rebutan diadakan secara sedarhana (tidak memakai panggung) dan tidak diperebutkan,” papar Heru.

Disampaikan Heru pihaknya juga tidak melakukan pembagian beras secara umum. Pembagian beras dilakukan di panti asuhan. “Meskipun di tengah pandemi Sembahyang Cioko tetap kami gelar. Menurut kepercaayaan kami, arwah-arwah diberi kebebasan pada tanggal 15 bulan 7 Imlek,” terang Heru.Menurut Heru tanggal tersebut pintu neraka dibuka sehingga sembahyangan ini dilakukan untuk memberi makan arwah yang tidak terurus agar aman dan tidak mengganggu. “Dengan memberi sedekah pada arwah yang tidak terurus ini tidak memandang etnis dan agama apapun. Kami sajikan untuk mereka yang sudah meninggal dan tidak terurus oleh ahli warisnya,” jelas Heru.

Bentuk ritual dari sembahyang ini adalah dengan mengirimkan replika uang, baju, sandal, perhiasan, sepeda motor, dan sebagainya yang semuanya terbuat dari kertas kepada arwah-arwah tersebut dengan cara dibakar. “Nantinya barang-barang yang dibakar tersebut bisa digunakan bekal para arwah di alamnya, melalui ritual sembahyang rebutan. Selain menjadi tenang, dengan berbagai sesaji yang diberikan agar sang arwah mempunyai bekal di alamnya,” ungkap Heru.

Sumber Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *