Unik! Ini yang Harus Kamu Tahu Ciri – Ciri Batik Khas Pekalongan !

Tahu batik? Ya! Batik kain khas Indonesia yang telah di tetapkan menjadi warisan budaya Indonesia. Pastinya setiap daerah mempunyai batik, batiknya pun dengan banyak jenis dan macam ciri khasnya. Lalu bagaimana dengan ciri khas batik Pekalongan yang merupakan kota dan pusat batik itu sendiri?

Seperti halnya kota Bandung yang mempunyai batik dengan motif awan mega mendung memiliki warna pastel yang tidak terlalu mencolok dan menenangkan, kota Lasem dengan batik lasemnya yang bercampur dengan nuansa oriental dengan warna merah marun terang. Nah bagaimana ya dengan ciri khas batik Pekalongan?

Bagi kamu yang belum tahu ciri khas batik Pekalongan, ini dia ciri – ciri batik khas Pekalongan, sangat unik dan menarik kamu harus wajib punya!

1.Kebanyakan Memiliki Corak Kembang (Bunga)Kebanyakan di Pekalongan memiliki batik dengan corak kembang atau bunga, untuk corak bunganya sangat bervariasi dari bunga kecil hingga bunga besar, ada juga yang hanya memiliki corak dedaunan tentunya daun – daunnya bukan hanya berwarna hijau, terkadang coklat muda atau bahkan coklat tua,

2.Berwarna Cerah dan Terang
Memiliki warna cerah dan terang seperti contohnya kuning, hijau, merah, ungu atau biru, tentunya warna – warna ini sangat merangsang mata tetapi tak mengurangi keindahan dan ke-estetikannya pada batik Pekalongan.

3.Bemotif Oriental
Batik bisa di buat siapa saja bukan? Terlebih lagi dengan batik Pekalongan yang hampir mirip dengan batik Lasem, batik di Pekalongan juga mempunyai corak dan motif oriental dengan menggunakan corak bunga sakura atau naga dengan motif lukisan ala tionghoa. Jika menemukan batik seperti ini bisa di pastikan yang mempunyai batik adalah keturunan tionghoa adapun batik dengan motif khas keturuan arab dengan warna dasar gelap namun terang di setiap detilnya.

Advertisement

4.Memiliki Motif yang Geometris
Kalau tadi bercorak kembang atau bunga, nah batik Pekalongan mempunyai motif bergaris nan geometris yang cocok di padu padankan dengan corak kembang yang sudah di bahas tadi, motif ini juga bisa di sebut motif Jlamprang. Garis – gairs lurus geometris yang mengikuti gambaran corak yang sudah pas sesuai dengan ukuran kain morinya pada pembuatan batik.

Nah itulah ke empat ciri – ciri batik yang khas dengan kota Pekalongan, jika kalian masih ragu, kalian bisa mencari batik Pekalongan dengan nama – nama motifnya seperti :

Motif Jlamprang

Motif Liong

Motif Sogan

Motif Priyangan

Dan masih banyak lagi motif – motif batik khas Pekalongan, telusuri Pekalongan untuk menemukan keindahan – keindahan yang tersembunyi di setiap sudut kota.

Sumber http://nytraveler.net/5-ciri-khas-unik-batik-pekalongan-yang-menarik-untuk-diketahui/

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: