Tingkatkan Kapasitas SDM, Staf Teknis Dinkominfo Dilatih Pfsense – PEKALONGAN INFO
Kota Pekalongan 

Tingkatkan Kapasitas SDM, Staf Teknis Dinkominfo Dilatih Pfsense

Kota Pekalongan – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan bekerjasama dengan Kementerian Kominfo RI menyelenggarakan Capacity Buliding bagi tenaga teknis di lingkungan internal Dinas Kominfo berupa Pelatihan dan Implementasi Pfsense selama dua hari Rabu (15-7/2020) sampai dengan Kamis, (16/7/2020).

Adapun mengingat saat ini kondisi di Indonesia masih dalam wabah pandemi Covid-19 sehingga pelaksanaan pelatihan kali ini diselenggarakan secara dalam jaringan (daring).

Kepala Seksi Pengelola Sumber Daya dan Informatika Dinkominfo setempat, Wawan Sugandi AMd menyampaikan bahwa penyelenggaraan pelatihan dan implementasi ini diharapkan sekaligus sebagai upaya migrasi dari penggunaan PNSBox yang memiliki fungsi utama manajemen keamanan dan jaringan yang dikembangkan oleh Kementerian Kominfo RI. “Namun seiring berjalannya waktu fasilitas update dan pengembangannya tidak dilanjutkan di Kementerian Kominfo RI, sehingga untuk menjamin serta meingingkatkan keamanan serta lebih memudahkan dalam manajemen pengelolaan jaringan perlu dimigrasi ke PFSense,” jelas Wawan.

Diterangkan Wawan, PFSense merupakan sistem operasi berbasis FreeBSD yg telah mengalamai customisasi dan dirancang secara khusus untuk digunakan sebagai firewall dan router yang dilengkapi dengan User Interface berbasis web yang lebih user friendy sehingga lebih mudah dalam pengelolaannya.

“Adapun harapannya setelah pelatihan ini ini pengetahuan serta kemampuan tenaga teknis Dinkominfo Kota Pekalongan bertambah dalam pengelolaan dan pengamanan jaringan serta adanya migrasi dari penggunaan PNSBox ke PFSense bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan dalam layanan jaringan,” ungkap Wawan.

Pada pelatihan PFSense ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kemenkominfo RI, Kasubdit Infrastruktur dan Teknologi, Interoperabilitas Pemerintahan, Ade Frihadi SKom MT.

Sumber Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Baca juga

Leave a Comment