Terintegrasi, Masyarakat Respon Positif Aplikasi Simpatik – PEKALONGAN INFO
Kota Pekalongan 

Terintegrasi, Masyarakat Respon Positif Aplikasi Simpatik

Kota Pekalongan – Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Terintegrasi Kelurahan-Kecamatan (Simpatik) yang telah diluncurkan Kota Pekalongan mendapatkan respon positif dari warga Kota Pekalongan khususnya di Kelurahan Poncol, Kecamatan Pekalongan Timur. Aplikasi Simpatik merupakan sistem aplikasi yang memudahkan untuk pengurusan surat kependudukan bagi warga.

Salah satu warga Poncol Gang Asparagas B, Din Wardhana, mengaku senang dengan adanya pelayanan aplikasi Simpatik Kelurahan Poncol. Dirinya mengungkapkan warga yang semula ingin melakukan pengurusan surat kependudukan tidak perlu lagi datang ke kantor kecamatan, cukup mengurus di kelurahan semua bisa dilakukan.

“Alhamdulillah pelayanan kependudukan kepada masyarakat secara Simpatik ini khususnya di Kelurahan Poncol sudah sangat bagus, kami warga yang ingin mengurus surat kependudukan tidak harus bolak-balik ke kecamatan, cukup datang ke kelurahan saja semua bisa diurus,” ucap Din saat menjadi salah satu responden dalam kegiatan evaluasi pendampingan program Smart City Kota Pekalongan 2020 di Aula Kelurahan Poncol, Rabu siang (11/3/2020).

Menurut Din, melalui aplikasi Simpatik ini dapat mempersingkat waktu pengurusan sehingga jauh lebih cepat. Din berharap pelayanan di tingkat kelurahan-kecamatan yang sudah terintegrasi ini dapat dikembangkan lagi hingga di tingkat RT/RW.

“Harapan kami aplikasi ini bisa sampai ke tingkat RT/RW sehingga sudah tidak perlu ke kelurahan, hanya dari RT/RW saja dengan berbasis online bisa dilayani, masyarakat tinggal mengambil ke kelurahan. Kami juga mengusulkan penambahan layanan lain seperti pelayanan izin usaha dan pindah penduduk dapat tercantum juga di aplikasi tersebut. Alhamdulillah petugas kelurahannya juga sangat membantu kami masyarakat yang bilamana ada masyarakat yang belum melek digital,” terang Din.

Sementara itu, Lurah Poncol, Tikto Wibowo,Amd menjelaskan aplikasi Simpatik ini merupakan sistem informasi manajemen sebagai salah satu inovasi program unggulan Smart City Kota Pekalongan yang dimanfaatkan untuk keperluan pembuatan surat keterangan atau pengantar bagi kelurahan yang terintegrasi dengan kecamatan.

“Program unggulan Smart City Kota Pekalongan khususnya di bidang pemerintahan (e-governance) melalui aplikasi Simpatik di tingkat kelurahan merupakan petunjuk dari tingkat kota, apa yang dilayani untuk di tingkat kelurahan dengan sistem SIMPATIK ini telah berbasis online. Di kelurahan Poncol sendiri aplikasi Simpatik ini selama ini sudah berjalan dengan baik dan masyarakat merasa terbantu, masyarakat yang semula untuk pengurusan surat kependudukan harus melalui kelurahan, kemudian datang ke kantor kecamatan kini sudah tidak perlu lagi sehingga bisa mempersingkat waktu,” papar Tikto.

Dituturkan Tikto, adapun sejumlah surat-surat yang bisa diurus melalui sistem aplikasi tersebut misalnya surat pengantar untuk membuat SKCK, surat pengantar besiswa, KTP, KK, pengajuan BPJS dan sebagainya.

“Usai masyarakat mengisi kuesioner serta diskusi di kegiatan evaluasi program Smart City, beberapa masyarakat ada yang mengajukan usul dan masukan untuk penambahan dan peningkatan pelayanan dalam aplikasi tersebut seperti untuk kepengurusan pindah penduduk, dan bisa terintegrasi hingga tingkat RT/RW. Masukan tersebut kami tampung untuk perbaikan-perbaikan pelayanan kelurahan kami untuk senantiasa berusaha memberikan pelayanan terbaik dan kepuasan kepada masyarakat setempat,” pungkas Tikto.

Sumber Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Baca juga

Leave a Comment