Tangkis Virus Corona Dengan Terapkan Germas

Kota Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kesehatan setempat terus mengambil sikap dalam menangkis penyebaran virus wabah corona setelah adanya pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa dua Warga Negara Indonesia (WNI) positif terinfeksi virus corona atau Novel coronavirus (Covid-19) yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada akhir tahun 2019 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Dr. Slamet Budiyanto,SKM,MKes menjelaskan bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi penularan virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan yang merupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS tersebut. Langkah tersebut yakni dengan senantiasa melakukan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) menjadi salah satu upaya menjaga diri dan keluarga dari virus corona.

“Sesuai arahan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Kementerian Kesehatan menyebutkan salah satu upaya antisipatif menangkal virus tersebut adalah dengan GERMAS yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Pertama, jelas dengan makan dengan gizi yang seimbang guna memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik, pastikan makanan yang kita makan harus diolah dengan baik dan matang sempurna terutama daging dan telur. Virus tersebut akan mati melalui pencernaan karena tidak tahan dengan tingkat keasaman yang tinggi seperti di lambung. Jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan penyakit,” tutur Budi.

Selanjutnya, jangan lupa rutin mengkonsumsi buah, sayur, dan minum air putih minimal 8 gelas setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Membiasakan cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.

“Tangan merupakan tempat bakteri di tubuh yang paling banyak karena sering memegang benda-benda di sekitar. Untuk mencegah hal tersebut, membiasakan cuci tangan sesudah memegang benda kotor atau benda lainnya dan jangan memegang area wajah menggunakan tangan sebelum dibersihkan, masyarakat juga wajib rutin berolahraga dan istirahat yang cukup, tidak merokok, karena asap rokok merupakan salah satu pemicu dari penyakit saluran pernapasan,” jelas Budi.

Budi mengingatkan juga masyarakat perlu mengenali gejala klinis akibat serangan virus corona diantaranya demam, batuk pilek, gangguan pernapasan, gangguan tenggorokan, badan letih lesu.

“Bila masyarakat mengalami gejala tersebut segera periksakan ke fasilitas kesehatan terdekat agar bisa ditindaklanjuti dan diberikan penanganan yang tepat, gunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam agar virus tidak mudah masuk dalam tubuh dan tidak mudah tertular pada orang lain. Intinya masyarakat tidak perlu panik tapi tetap waspada dan melakukan upaya pencegahannya dengan Germas yang telah disebutkan tadi,” tandas Budi.

Sumber Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: