Tanggulangi Rob, DPUPR Siagakan Pompa Mobile di Jalan Patiunus

Kota Pekalongan – Sebagai upaya menanggulangi permasalahan genangan rob, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menyiagakan satu buah pompa mobile berkapasitas 50 Liter per detik. Pompa mobile tersebut dipasang di Jalan Patiunus untuk mengantisipasi luapan air Kali Lodji.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Pekalongan, Khaerudin,ST menyampaikan bahwa di kawasan sekitar Jalan Patiunus, Jalan Surabaya, dan Jalan Semarang, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan kerap terjadi banjir rob akibat luapan air dari Kali Lodji.

“Kami DPUPR Kota Pekalongan telah menempatkan sebuah pompa mobile berkapasitas 50 liter per detik dalam rangka menanggulangi permasalahan genangan rob yang ada di Jalan Patiunus, Jalan Surabaya dan perempatan Jalan Semarang,” tutur Khaerudin usai meninjau langsung pompa mobile di Jalan Patiunus, Rabu (24/6/2020).

Menurut Khaerudin, pompa mobile tersebut sengaja diletakkan di Jl. Patiunus, sebab luapan air dari Kali Lodji masuk melalui drainase yang ada di kawasan tersebut sehingga perlu dipasang pompa mobile dengan konsep saluran drainase yang terhubung dengan Kali Lodji ditutup.

“Sementara untuk air yang masuk langsung dipompa dengan pompa mobile tersebut. Progress memang belum selesai, sehingga sementara untuk menghambat air kami pasang karung-karung tanah yang diberi pengendali yang permanen berupa plat besi untuk menutup saluran. Sehingga, air dari Kali Lodji dapat di hambat secara maksimal dan tidak menggenangi pemukiman warga maupun kios-kios yang ada di kawasan jalan tersebut,” tandas Khaerudin.

Sumber Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *