Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Pemkot Akan Perketat Pantauan Pemudik – PEKALONGAN INFO
Kota Pekalongan 

Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Pemkot Akan Perketat Pantauan Pemudik

Kota Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan terus berupaya agar pemudik terus dipantau dan memasukkan para pemudik yang datang ke Kota Pekalongan di tengah wabah virus Corona atau Covid-19 sebagai orang dalam pemantauan (ODP). Sehingga, para pemudik harus mengisolasi diri selama 14 hari. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kota Pekalongan,Hj. Sri Ruminingsih,SE,MSi saat membuka rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Kota Pekalongan, bertempat di Ruang Jetayu Setda setempat,Sabtu sore (28/3/2020).

“Pemantauan kepada para perantau yang mudik dari berbagai daerah terlebih dari daerah-daerah zona merah Covid-19 ini dilakukan menindaklanjuti surat edaran dari Gubernur Jawa Tengah kepada pejabat daerah kota/kabupaten agar para pemudik masuk kategori ODP covid-19. Artinya mereka harus isolasi diri di rumah 14 hari,” terang Sekda Ning, sapaan akrabnya.

Sekda Ning menuturkan telah terjadi peningkatan penumpang dari Jabodetabek yang turun di terminal Kota Pekalongan maupun stasiun Kota Pekalongan. Oleh karena itu, pihaknya meminta dinas terkait dibantu Kementerian Perhubungan, TNI,Polri menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Pekalongan.

Menurut Sekda Ning, perantau yang mudik ke Kota Pekalongan diimbau untuk melapor terlebih dahulu ke RT/RW hingga lurah. Dengan demikian, bila ditemukan pasien positif baru, bisa ditelusuri riwayat kontak pasien tersebut.

“Saya tidak bisa melarang warga untuk mudik. Namun, dalam kondisi seperti sekarang dengan adanya Virus Corona sebaiknya mudik ditunda dulu. Kita kan tidak pernah tahu, kita pulang mudik bawa penyakit karena tertular dari orang lain atau justru kita yang menulari orang lain. Oleh karena itu, kami minta kepada para lurah dibantu RT/RW setempat dimana pemudik tersebut untuk terus dipantau dan diharapkan orang yang bersangkutan bisa melakukan isolasi mandiri selama 14 hari terlebih dahulu,” tandas Sekda.

Sumber Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Baca juga

Leave a Comment