Pemkot Pekalongan Resmikan RPH Kertoharjo

Kota Pekalongan – Pada Idul Adha 1441 H ini Rumah Potong Hewan (RPH) Kertoharjo yang berada di Kompleks Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan mulai dioperasionalkan. Pasalnya Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE telah meresmikan RPH Kertoharjo, Sabtu (1/8/2020).

Peresmian soft opening RPH Kertoharjo Kota Pekalongan ini sekaligus menandai dimulainya relokasi RPH Panjang Wetan. RPH Panjang Wetan ini dalam operasionalnya lokasinya kurang memadai karena adanya rob di daerah tersebut.

Usai peresmian Walikota Saelany mengungkapkan rasa syukurnya RPH Kertoharjo ini sudah dapat beroperasional tahun ini. Menurutnya RPH yang lama sudah tidak layak digunakan karena untuk pembuangan kotoran dengan adanya rob ini takutnya akan menggangu lingkungan.

“Kota Pekalongan menjadi salah satu poros di pantura, mudah-mudahan dengan adanya RPH Kertoharjo ini kebutuhan daging di Kota Pekalongan tercukupi. Selain itu masyarakat dan para pengusaha dapat memotong hewan ternaknya di RPH sini sehingga daging ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal),” ungkap Saelany.

Sementara itu, Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Zainul Hakim SH MHum menjelaskan bahwa dengan diresmikannya RPH Kertoharjo oleh Walikota Pekalongan ini, setelah sarana dan prasarana di sini sempurna, Dinperpa akan menutup RPH Panjang Wetan. “Kondisi RPH Panjang Wetan memang sudah tak layak atau tak ASUH lagi. Kemudian RPH Kuripan Kidul karena jaraknya dekat akan kami arahkan pemotongan hewan di RPH Kertoharjo,” kata Hakim.

Terkait dengan Tempat Pemotongan Hewan (TPH) milik perseorangan atau swasta juga akan Hakim arahkan. Apalagi yang tidak sesuai dengan peraturan pemerintah atau peraturan yang berlaku. Hakim telah berkoordinasi dengan Polres Pekalongan Kota untuk sosialisasi dan edukasi. “Dengan langkah ini saya berharap daging asal Kota Pekalongan hiegenis dan aman dikonsumsi masyarakat,” pungkas Hakim.

Sumber Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *