Mudahkan Pembelajaran Jarak Jauh, Guru SD Belajar Google Class Room

Kota Pekalongan – Adanya pandemi Covid-19 ini membawa perubahan luar biasa di dunia pendidikan dengan tidak diperbolehkannya proses belajar mengajar secara tatap muka. Semua pembelajaran dilakukan secara online atau lebih dikenal dengan daring. Melihat kondisi tersebut Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan bersama Dewan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) memfasilitasi guru SD se-Kota Pekalongan untuk Pelatihan Google Classroom di Ruang Broadband Learning Center (BLC) Dinkominfo setempat, Rabu (26/8/2020).

Kepala Seksi Persandian, Audit, dan Keamanan Informasi, Meidy Prasetyo Utomo SKom mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu ada permohonan fasilitasi dari SD untuk dilatih aplikasi pembelajaran jarak jauh atau online. Kebetulan Dinkominfo ada kerja sama dengan Dewan TIK untuk kegiatan tersebut sehingga dipilih materi tentang pembelajaran jarak jauh untuk guru SD yang digelar tiga hari yakni dari beberapa sekolah secara bergantian.

“Kami berharap dengan pelatihan ini para guru SD mendapat metode alternatif pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini selanjutnya bisa mengimplementasikan metode ini atau mengkomparasinya dengan metode lain sehingga bisa disesuaikan dengan karakteristik sekolah masing-masing,” terang Meidy.

Advertisement

Disampaikan Meidy bahwa Google Classroom ini tidak terkunci pada satu mata pelajaran tapi berbagai mata pelajaran. Di dalamnya ada manajemen materi dan soal yang bisa dikerjakan para murid, serta pengorganisasian tugas dan soal sehungga guru mudah untuk penilaiannya.

Sementara itu, Ketua Dewan TIK Kota Pekalongan, Ahmad Ilyas menjelaskan bahwa pelatihan yang menyasar guru SD kaitanyya dengan Google Classroom. “Dengan pelatihan ini harapannya guru dapat dengan mudah mempraktikkan pembelajaran jarak jauh,” tandas Ilyas.

Menurut Ilyas sebagian besar pelajar di Indonesia masih harus belajar dari rumah. Sebab, pandemi Covid-19 tak kunjung mereda. Beberapa sekolah pun memanfaatkan berbagai platform untuk menunjang aktivitas belajar mengajar di rumah. “Salah satu yang banyak digunakan adalah Google Classroom. Platform ini mulai populer di kalangan pendidik dan peserta didik sejak awal tahun 2020, tepatnya sejak imbauan untuk belajar dari rumah karena pandemi,” pungkas Ilyas.

Sumber Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: