KRPL Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Budidaya Tanaman Bahan Pangan – PEKALONGAN INFO
Kota Pekalongan 

KRPL Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Budidaya Tanaman Bahan Pangan

Kota Pekalongan – Di tengah pandemi Covid-19, ketersediaan bahan pangan dalam jumlah yang cukup dan berjangka waktu panjang menjadi prioritas utama. Menindaklanjuti hal tersebut, Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan memfasilitasi masyarakat dalam kegiatan pemanfaatan pekarangan rumah untuk ditanami tanaman bahan pangan melalui konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Saat ditemui di KRPL Subur Barokah Podosugih, Kamis (22/10/2020), Kepala Seksi Konsumsi Penganekaragamaan Pangan Dinperpa setempat, Moh Karmani SSTP MM menyebutkan bahwa tahun ini sudah ada empat kelompok KRPL yang terbentuk, yakni KRPL Subur Barokah di Podosugih, KRPL Kencana Jaya di Pajang Wetan, KRPL Kampung KB Subur Barokah di Pasirkratonkramat, dan KRPL Damai di Poncol.

“Keempat KRPL ini telah difasilitasi dan mendapat bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah berupa benih tanaman, polybag, dan pupuk. Semua bantuan itu diberikan melalui perantara Dinperpa,” terang Karmani.

Dikatakan Karmani, tujuan utama dalam pelaksanaan KRPL yakni memanfaatkan pekarangan rumah sebagai tempat budidaya tanaman pangan, agar output langsung dari panen dapat dirasakan oleh masyarakat. “Target kami untuk mengisi kekosongan ibu-ibu rumah tangga selama masa pandemi. Kekosongan itu dapat dimanfaatkan dengan melakukan hal positif seperti menanam tanaman bahan pangan di pekarangan rumah,” ujar Karmani.

Kamarmani menyampaikan, tanaman bahan pangan yang ditanam kali ini yakni cabai, terong, dan tomat. “Ke depannya kami akan mencoba memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menanam menggunakan media hidroponik. Semoga kegiatan KRPL dapat berlangsung dalam jangka waktu yang panjang,” tandas Karmani.

Sementara itu, Ketua KRPL Subur Barokah, Giyatno berharap kegiatan KRPL ini dapat berlangsung lama dan bisa dilakukan turun termurun. “Semoga bisa bermanfaat khususnya bagi masyarakat RT 07 RW01 dan yang paling utama dapat menjadi pusat serta wisata edukasi bidang tanaman,” pungkas Giyatno.

Sumber Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Baca juga

Leave a Comment