Kota Pekalongan Segera Miliki Obyek Wisata Air Representatif

Kota Pekalongan – Rencana Kota Pekalongan untuk segera memiliki Obyek Wisata Air Terbesar yang representatif bakal terwujud. Pasalnya pembangunan obyek wisata air yang dipusatkan di Pantai Pasir Kencana, Kecamatan Pekalongan Utara ini tengah dikebut mulai pengerjaan pada akhir Maret mendatang diawali dengan proses lelang bangunan-bangunan yang ada di tempat tersebut. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dinparbudpora) Kota Pekalongan, Sutarno,SH,MM saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (30/1/2020).

Sutarno mengungkapkan bahwa pembangunan wisata air terbesar yang dibiayai sepenuhnya oleh Kemen-PUPR senilai Rp30 Milliar ini diharapkan akan menjadi pilot project pembangunan wisata air di Indonesia sekaligus daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kota Pekalongan. Menurut Sutarno, proses pengerjaan fisik pembangunan wisata tersebut dilakukan secara multiyears dan ditargetkan selesai pada tahun 2021 mendatang.

“Prediksinya akhir Maret atau awal April pembangunan sudah bisa mulai dilakukan. Sehingga, dalam rangka pembangunan tersebut obyek wisata Pantai Pasir Kencana akan kami tutup mulai akhir Maret mendatang dan bangunan-bangunan yang ada disana harus sudah bersih. Saat ini kami sudah dalam tahap proses pendataan lelang, beberapa waktu lalu kami bersama dinas terkait lainnya telah mendata aset disana sekaligus dilakukan penilaian untuk pengajuan lelang,” terang Sutarno.

Sutarno menambahkan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan para pedagang di sekitar Pantai Pasir Kencana terkait penutupan obyek wisata tersebut sementara dan telah disepakati bersama demi proses pengerjaan wisata air terbesar selesai tepat waktu.

Advertisement

“Ada sekitar 11 pedagang di dalam obyek wisata tersebut sudah kami kumpulkan dan berikan arahan mengenai hal tersebut, kami mempersilahkan mereka untuk sementara waktu mencari tempat jualan sendiri atau diperkenakan berjualan di rumah.

Selain itu, bangunan di luar pagar obyek wisata juga sudah dikonsolidasikan oleh Pemerintah Kota Pekalongan mengenai pembersihan bangunan ini. Dalam hal pembangunan wisata terbesar ini, Pemkot Pekalongan hanya menyiapkan lahan, secara hukum lahan tersebut sudah milik Pemkot dan tidak ada permasalahan apapun,” jelas Sutarno.

Seperti yang telah diketahui, konsep Wisata Air di Pantai Pasir Kencana nantinya, lanjut Sutarno, dengan ciri khas Pantai Batik bertemakan Artificial Tourism (Wisata Buatan) didalamnya akan dilengkapi dengan spot selfie, panggung budaya, taman budaya, taman bermain, stand kuliner, wahana air, promenade, plaza, dan sebagainya untuk menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kota Pekalongan.

“Selain batik dan kulinernya laku, wisatanya juga diharapkan akan terus berkembang, sehingga akan semakin menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar,” pungkas Sutarno.

Sumber Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: