Kesenian Laras Kahuripan Ramaikan Peresmian Posyandu Remaja “Garpu Sakti”

Kota Pekalongan – Dinas Kesehatan Kota Pekalonga meresmikan Posyandu Remaja “GARPU SAKTI “ Wilayah Puskesmas Pekalongan, bertempat di Aula Kelurahan Kuripan Kertoharjo, Sabtu (8/2/2020).

Posyandu remaja “Garpu Sakti” dipilih menjadi nama posyandu remaja dari kelurahan Kuripan Kertoharjo yang memiliki arti Gerakan Pemuda Sehat Aspiratif Kreatif dan inovatif. Pada peresmian posyandu rintisan Dinas Kesehatan ini diramaikan oleh penampilan kesenian budaya dari sanggar Laras Kahuripan yang dimainkan oleh para pemuda Kuripan Kertoharjo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan.

Penampilan mereka pun menarik perhatian masyarakat setempat khususnya remaja di Kuripan Kertoharjo untuk memeriksakan kesehatannya di peresmian posyandu tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Ismanto,SGz menyampaikan bahwa pembentukan posyandu remaja ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan upaya untuk meningkatkan kesehatan remaja dalam memutus rantai permasalahan-permasalahan kesehatan seperti kasus stunting, menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) dengan mempersiapkan remaja yang sehat sebagai calon ibu yang sehat dalam menghadapi kehamilannya di masa yang akan datang.

“Posyandu remaja ini yang dibentuk di 14 kelurahan di tahun 2020 ini dengan sasaran anak remaja usia 10-19 tahun, ada beberapa kegiatan diantaranya pengukuran status gizi, konseling gizi, pembekalan mengenai kesehatan reproduksi, penyalahgunaan NAPZA, pembekalan remaja yg mandiri dan sehat serta optimal,” tutur Ismanto.

Ismanto menjelaskan guna menyukseskan program posyandu remaja tersebut, Dinas Kesehatan telah mempersiapkan kader-kader yang kompeten yang telah dilatih sebelumnya. Ismanto berharap keberadaan posyandu remaja ini dapat memberikan manfaat bagi peningkatan derajat kesehatan remaja khususnya di Kota Pekalongan.

Lurah Kuripan Kertoharjo, Fariki,SH menyatakan dukungan dan apresiasi atas diresmikannya Posyandu Remaja Garpu Sakti Kuripan Kertoharjo. Fariki berharap nantinya program posyandu remaja ini juga bisa saling bersinergi dengan berbagai program kelurahan dan puskesmas Kuripan Kertoharjo.

“Kami sangat mendukung adanya Posyandu remaja di wilayah kami untuk mengarahkan para remaja melakukan kegiatan-kegiatan positif dan tidak terjerumus dalam permasalahan narkoba, seks bebas, pernikahan dini dan permasalahan remaja lainnya,” tutup Fariki.

Sumber Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *