Inovasi Aplikasi Pembelajaran Daring Mudahkan Interaksi Guru dan Peserta Didik

Kota Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan telah mengembangkan software web conference berbasis open source yang mudah, efektif, dan tidak berbayar untuk memudahkan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Aplikasi yang dikembangkan yakni Big Blue Botton yang telah diresmikan pada Selasa (1/9/2020).

Usai peresmian, Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE meninjau penggunaan aplikasi web conference di Aula Kecamatan Pekalongan Timur. Menurut Afzan aplikasi ini lebih bagus digunakan oleh guru dan peserta didik karena adanya interaksi. “Peserta didik tak hanya mendengarkan guru menerangkan. Guru bisa menuliskan soal dan siswa langsung bisa mencoret-coret atau membuat jawaban pada gadgetnya,” ungkap Afzan.

Apalagi kondisi di rumah setiap peserta didik tak selalu kondusif. Jika ada interaksi ketika pembelajaran lebih baik. Disampaikan Afzan bahwa peserta didik mengaku merindukan pertemuan di sekolah, namun karena kondisi masih pandemi Covid-19 pembelajaran memang tak bisa secara tatap muka. “Saya menekankan agar setiap guru kreatif dalam menyampaikan materi. Metode yang ia gunakan harus menyenangkan agar peserta didik tak bosan,” tandas Afzan.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dinkominfo Kota Pekalongan, Yos Rosyidi SIP MSi menjelaskan bahwa aplikasi yang dikembangkan ini yakni software web conference berbasis open source yang praktis digunakan dan tidak berbayar. Guru dan peserta didik dapat berinteraksi melalui coretan. “Harapannya seluruh guru dan peserta didik di Kota Pekalongan dapat memanfaatkan aplikasi gratis ini sehingga tidak berlangganan dengan aplikasi lainnya,” terang Yos

Dikatakan Yos bahwa Dinkominfo tengah membantu memaksimalkan pembelajaran daring dan luring. Daring dengan embelajaran di dinkominfo bantu proses menambah akses internet di kecamatan dan kelurahan untuk akses point wifi peserta didik miskin yang membutuhkan internet.

Sumber Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: