Ikuti Fire Fighter Combat 2020, Tim Damkar Kota Pekalongan Rutin Berlatih – PEKALONGAN INFO
Kota Pekalongan 

Ikuti Fire Fighter Combat 2020, Tim Damkar Kota Pekalongan Rutin Berlatih

Kota Pekalongan – Pemadam Kebakaran dituntut memiliki stamina dan ketangkasan yang prima. Pantang pulang sebelum api padam merupakan motto yang selalu ada di dada setiap pemadam kebakaran. Dalam rangka kegiatan Bulan K3 Tahun 2020, Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kota Pekalongan semangat berlatih dalam menghadapi Lomba Fire Fighter Combat 2020 yang diadakan oleh Ikatan Kebakaran Indonesia (IKI) Jawa Tengah PT Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap. Lomba tersebut akan digelar di Lapangan Sepak Bola Lomanis Jalan MT Haryono Cilacap pada Sabtu,14 Maret 2020 mendatang.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran pada Damkar Satpol PP Kota Pekalongan, Heru Sukamto, ST mengungkapkan bahwa persiapan tim regu Damkar Kota Pekalongan menghadapi lomba Fire Fighter Combat tingkat Jawa- Bali telah jauh-jauh hari dipersiapkan dengan matang, salah satunya dengan rutin latihan fisik dan keterampilan para anggota tim yang nantinya akan mewakili Kota Pekalongan di ajang bergengsi tersebut.

“Lomba Firefighter Combat 2020 tingkat Jawa-Bali melibatkan 34 kelompok peserta yang merupakan tim pemadam kebakaran dari 32 kabupaten dan kota Se-Jawa serta perusahaan di Cilacap. Kami dari Damkar Satpol PP telah mengirimkan 7 orang nama peserta terdiri dari 5 orang pemain utama, 1 orang official dan 1 orang cadangan. Segala persiapan sudah dimatangkan dengan rutin latihan di area Rusunawa Slamaran yang sudah kami genjot dari sebulan yang lalu bagi para anggota Damkar Kota Pekalongan yang akan dikirimkan pada ajang tersebut,” terang Heru saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (9/3/2020).

Menurut Heru, atihan rutin tersebut dilakukan untuk memacu kinerja dan semangat anggota Damkar Kota Pekalongan baik di bidang pengetahuan, ketangkasan, ketrampilan dalam rangka persiapan lomba tersebut maupun pelaksanaan tugas damkar sehari-hari. Adapun penilaian dalam lomba Fire Fighter Combat 2020 yang rutin digelar setiap tahunnya, yakni mengukur ketangkasan dan kecepatan anggota Damkar dalam menghadapi rintangan yang ada seperti lari, menaiki tangga setinggi 4 meter, mengambil selang dilanjutkan lari sambil membawa alat pemadam, monkey bar, simulasi kebakaran dan sebagainya.

Heru menargetkan tim regu Damkar Kota Pekalongan dapat menampilkan performa terbaik dan membawa kesuksesan masuk tiga besar dalam ajang Lomba Fire Fighter Combat 2020. Beliau juga berharap melalui kegiatan ini, anggota Damkar Kota Pekalongan dapat mengetahui kebutuhan latihan terutama persiapan kebugaran fisik yang sangat diperlukan untuk mendukung performa sebagai seorang pemadam kebakaran.

“Kami masih ada dua kali latihan lagi Selasa dan Kamis besok sebelum tim berangkat ke Cilacap pada hari Jumat. Sebagai informasi, kami pada tahun 2019 lalu berhasil mendapatkan juara Harapan di ajang serupa, di tahun ini kami optimis dengan kesungguhan tim yang berlatih dengan rajin, diharapkan bisa masuk tiga besar atau diatas pencapaian tahun lalu. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai evaluasi anggota damkar untuk melaksanakan kegiatan damkar sehari-hari dalam melatih kekuatan dan kesigapan dalam bekerja lebih baik ke depannya,” pungkas Heru.

Sumber Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Baca juga

Leave a Comment