Festival Kirab Meriahkan Cap Go Meh Penutup Hari Raya Imlek di Pekalongan!

Jumat, 07 Februari kemarin di Pekalongan, telah diadakannya festival kirab yang memeriahkan penutupan tahun baru imlek ke 2571 yang ada dalam penanggalan China. Penutupan tahun baru imlek ini biasanya kita sebut dengan perayaan Cap Go Meh 15 hari setelah imlek.

Nah di festival kirab budaya Pekalongan yang di usung oleh Klenteng Po Ahn Thian ini sangat beragam, mulai dari arak – arakan patung dewa – dewi leluhur adapula orang – orang yang men- cosplay pakaian dewa – dewi yang di arak menggunakan mobil dengan di putarnya lagu – lagu Buddhist, tak lupa juga dengan atraksi liong di awal acara yang memeriahkan pembukaan arak – arakan kemarin serta barongsay yang meminta ijin jalan pada petinggi – petinggi kelenteng agar kirab bisa berjalan dengan lancar dengan semestinya.

Meriahnya Pekalongan dengan Kirab Budaya
Ini dia adalah rangkaian gambar kegiatan dari kirab budaya Pekalongan kemarin yang telah di usung atau diadakan oleh Klenteng Po An Thian :

1.Beberapa orang menggunakan konstum dewa – dewi dan di arak di dari klenteng menuju jalan salak lalu menuju ke hayam wuruk hingga sampai di klenteng lagi. Ada yang berpakaian Buddha, Bikhsu Tong Sang Chong, Cu Phat Kay dan lainnya.

Advertisement

Cu Phat Khay, Bhiksu Thong dan Dewi Kipas saat di arak di acara kirab tanpa di damping Sun Gho Kong yang lincah.

2. Dewa – dewi siap di arak, sebelum di arak di lakukan penghormatan untuk meminta izin apakah boleh atau tidaknya di arak.

3. Setiap Barongsay akan meminta izin dahulu pada petinggi – petinggi kelenteng sebelum mereka juga mengikuti arak – arakan dalam kirab yang di adakan tersebut.

4. Meriahnya warga setempat yang ikut mengarak kirab Cap Go Meh tersebutm beberapa lagi ada yang tinggal hanya untuk melihatnya saja dan tidak ikut andil dalam arak – arakan.

Apakah kamu akan ikut kirab di tahun selanjutnya? Sangat seru dan menghibur bukan? Berbagai atraksi di tampilkan dalam acara tersebut, kebersamaan juga kental terasa, tak membeda – bedakan satu sama lain semuanya kompak dan antusias!

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: