Edukasi Narkoba Dimulai Dari Keluarga

Kota Pekalongan – Upaya penanggulangan narkoba membutuhkan dukungan semua pihak termasuk peran serta masyarakat dari berbagai lapisan. Pelibatan peran serta masyarakat diharapkan dapat membentuk daya tangkal yang kuat terhadap ancaman narkoba. Upaya penanggulangan tersebut diperlukan edukasi yang terus-menerus dilakukan yang dimulai dari lingkungan keluarga hingga sekolah maupun perguruan tinggi. Demikian disampaikan Camat Pekalongan Barat, M. Taufiqu Rochman, S,STP saat membuka kegiatan Sosialisasi Narkoba Kelurahan Bendan Kergon, bertempat di Gedung Diklat Kota Pekalongan, Selasa Malam (10/3/2020).

“Edukasi di lingkungan keluarga bisa dimulai dengan mengenalkan macam-macam jenis narkoba apa saja, seperti zat yang terkandung di dalamnya. Hingga bahaya yang ditimbulkan jika mengonsumsi barang haram tersebut seperti apa. Lebih baik seorang anak mengetahui bahaya narkoba melalui pendidikan keluarga di rumah daripada anak itu mengetahuinya dari orang lain di luar rumah,” terang Taufiq.

Taufiq menjelaskan bahaya dan dampak narkoba sudah sangat meresahkan bagi masyarakat pada umumnya. Menurut Taufiq, usia anak yang menginjak remaja sangat rentan terhadap pergaulan. Jika bergaul di lingkungan yang salah, akan memungkinkan melakukan hal-hal yang keliru pula seperti terjerumus ke lingkaran peredaran narkoba.

“ Usia anak menginjak remaja ini masih sangat labil dan tengah mencari jati diri, maka dari itu pergaulan bebas apalagi terkait Narkoba sudah merebak dikalangan remaja. Oleh karena itu, sebagai orangtua mari bersama-sama awasi dan amati lingkungan pergaulan anak dan lingkungan sekitar kita untuk saling menjaga agar terbentuk generasi bangsa yang sehat tanpa narkoba,” tegas Taufiq.

Lurah Bendan Kergon, Ismantoro menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini terlaksana menggunakan dana kelurahan sebagai upaya memberikan pemahaman bahaya narkoba yang saat ini sedang marak kepada masyarakat Kelurahan Bendan Kergon.

“Peserta sosialisasi terdiri dari perwakilan RT,RW,Karang Taruna, LPM,BKM,IPNU IPPNU Kelurahan Bendan Kergon. Alhamdulillah mereka sangat antusias sekali menyambut adanya kegiatan sosialisasi narkoba ini. Jika mereka tidak diberikan pemahaman dari sekarang dikhawatirkan mereka akan terjerumus ke dalam lingkungan yang salah khususnya penggunaan dan peredaran narkoba,” pungkas Ismantoro.

Sumber Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *