Edukasi Internet Sehat, Layanan MCAP Disambut Baik Para Pelajar – PEKALONGAN INFO
Kota Pekalongan 

Edukasi Internet Sehat, Layanan MCAP Disambut Baik Para Pelajar

Kota Pekalongan-Tim layanan internet bergerak (MCAP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan melaksanakan pelayanan internet gratis di salah satu SD berlokasikan di dekat pesisir pantai Utara yakni SD Negeri Panjang Wetan 04 Kota Pekalongan, Senin (3/2/2020).

MCAP ini merupakan mobil yang dilengkapi peralatan teknologi informasi seperti komputer, internet, wireless access point, serta generator listrik. Kedatangan tim MCAP ini disambut antusias oleh para pelajar SD Negeri Panjang Wetan 04.

Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi dan Persandian pada Dinkominfo Kota Pekalongan, Nugroho Adhi Pradana,SE,MSi, mengungkapkan bahwa layanan Internet Keliling atau MCAP ini berkunjung ke sekolah-sekolah untuk mengenalkan e-literasi teknologi informasi sejak dini kepada masyarakat khususnya pelajar dalam rangka menyebarluaskan dan mengimplementasi aplikasi informatika yang legal serta layanan teknolog dan akses informasi melalui MCAP.

“Kunjungan kami kesini ingin mengenalkan kepada siswa-siswi SD Negeri Panjang Wetan 04 tentang aplikasi yang ada di dunia internet, mereka bisa melek IT, serta menginformasikan tentang penggunaan internet sehat, agar tidak mengakses konten-konten yang negatif atau kurang bermanfaat sehingga pelajar tahu dan jadi melek teknologi serta menjadi generasi yang hebat,” ucap Adhi.

Menurut Nugroho, pelayanan MCAP ini juga sekaligus mendukung program Pemkot Pekalongan yakni Smart City. Dalam pengenalan internet sehat kepada anak didik, lanjut Nugroho, diperlukan peran serta aktif dari para guru-guru selaku pendidik dan orangtua untuk tetap mengawasi penggunaan internet di kalangan anak-anak muda agar tidak disalahgunakan dalam mengakses informasi yang tidak bermanfaat.

“Dalam era digital seperti saat ini internet menjadi bagian yang tidak bisa terlepas dari hidup manusia. Keberadaan MCAP juga agar mempermudah pengenalan internet sehat bagi masyarakat. Melalui bimbingan guru dan orangtua, penyalahgunaan internet bisa dicegah sehingga anak didik dapat menggunakan internet secara bijak. Sasaran kami tidak hanya kepada anak-anak sekolah melainkan juga masyarakat umum khususnya pada saat event keramaian seperti pameran, event jambore, dan sebagainya,” terang Adhi

Dilain pihak, Kepala Sekolah SD Panjang Wetan 04 Kota Pekalongan, Ananing Sumbawatiningrum, SPd menyambut positif adanya layanan MCAP yang difasilitasi oleh Dinkominfo Kota Pekalongan yang telah turut serta dalam memberikan kemudahan sarana edukasi internet sehat bagi pelajar sesuai perkembangan usianya.

“Kami sangat senang dan apresiasi atas keberadaan layanan MCAP ini sebagai edukasi para guru dan anak didik kami untuk semakin memahami bahaya dari penggunaan internet yang negatif. Sehingga, kami juga mengimbau kepada para guru dan orangtua untuk selalu mengawasi penggunaan gadget yang didalamnya dapat digunakan untuk mengakses internet. Mereka juga dituntut untuk melek IT agar paham mengenai apa saja yang anak-anak mereka akses saat menggunakan internet,” pungkas Ananing.

Sumber Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Baca juga

Leave a Comment