Dukung Pengentasan Anak Putus Sekolah, FK PKBM Dikukuhkan

Kota Pekalongan – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Pekalongan dan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK PKBM) melantik dan mengukuhkan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) FK PKBM Kota Pekalongan Masa Bakti 2020-2025 di Aula B Dindik setempat, Kamis (3/9/2020).

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua DPW FK PKBM Jawa Tengah, HM Isman, dilanjutkan pengukuhan oleh Kepala Dindik Kota Pekalongan, Drs Soeroso MPd.

Ketua DPW FK PKBM Jawa Tengah, HM Isman menekankan bahwa tugas dan fungsi FK PKBM harus dipahami oleh pengurus baru, termasuk tujuan dari PKBM sendiri yakni dari, oleh, dan untuk masyarakat. “Keberadaan PKBM sangat diperlukan masyarakat sehingga para pengurus DPD FK PKBM Kota Pekalongan harus lebih berkarya, berbakti, peduli, serta semakin berkembang,” tandas Isman.

Menurut Isman hadirnya FK PKBM diharapkan dapat menjadi jembatan penghubung antara pemerintah yakni Dindik dengan anggota FK PKBM. Kehadiran PKBM di tengah ma¬sya¬ra¬kat sangat diharapkan karena semua anak harus sekolah dan tidak bo¬leh ada anak usia sekolah yang tidak berse¬ko¬lah. “Tugas PKBM berpe¬ran dalam penanganan anak putus sekolah. Putus seko¬lah akan menimbulkan kemiskinan dan kesenjangan pendidikan yang menjadi tangga ekonomi nyata di masyarakat. Jadi pemerataan pendidikan harus diutamakan,” kata Isman.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dindik Kota Pekalongan, Drs Soeroso MPd mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus baru FK PKBM periode 2020-2025, dirinya juga mengucapkan terima kasih dengan kepengurusan lama yang sudah ikut berkontribusi dalam mendukung program-program pemerintah, salah satunya yakni program pengentasan anak tidak sekolah. “Selama ini PKBM telah berkontribusi membantu kami dalam mengentaskan anak tidak sekolah. Harapannya sinergitas ini terus dilakukan,” terang Soeroso.

Diungkapkan Soeroso bahwa jumlah PKBM di Kota Pekalongan mengalami peningkatan yakni dari 4 PKBM menjadi 12 PKBM. Hadirnya FK PKBM ini menjadi sangat penting, mengingat PKBM menjadi salah satu mitra Dindik dalam mendukung program pemerintah. “Semoga ke depannya para pengurus FK PKBM yang baru dapat memotivasi PKBM-PKBM yang ada di Kota Pekalongan untuk lebih meningkatkan mutunya,” pungkas Soeroso.

Sumber Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: