Cegah Penularan Covid-19, Kerumunan Warga di Halaman Dinsos P2KB Dibubarkan

Kota Pekalongan – Sempat tejadi kerumunan di Halaman Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P2KB) Kota Pekalongan, Selasa pagi (5/5/2020). Kerumunan ini terjadi karena adanya miskomunikasi pembagian Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) dari BNI. Guna mencegah penyebaran Covid-19 langsung saja massa dibubarkan polisi Polres Pekalongan Kota dan Satpol PP Kota Pekalongan.

Plt Kepala Dinsos P2KB Kota Pekalongan, Ir Budiyanto MPi MHum mengungkapkan bahwa adanya kerumunan massa yang telah dibubarkan ini karena adanya miskomunikasi. “Awalnya sudah dijadwalkan Senin sampai dengan Kamis, setiap kelurahan datang 10 orang perwakilan, dan sisanya akan dilanjut di kelurahan masing-masing,” terang Budiyanto.

Lanjut Budiyanto menjelaskan, BPNT ini berupa kartu sembako yang nantinya akan digunakan di e-warung. Tanpa sepengetahuan Budiyanto, dari BNI meminta kepada staf untuk menghadirkan semua penerima dan akhirnya massa membludak di halaman kantornya. “Akhirnya ketika saya mengetahui hal tersebut, saya minta warga untuk mengumpulkan persyaratan dan langsung saya minta pulang, dan ini akan kita kembalikan ke tingkat RT,” papar Budiyanto.

Advertisement

Disampaikan Budiyanto bahwa yang punya acara ini adalah BNI, Dinsos P2KB hanya menjadi lokasi pelaksanaan. Pihak Dinsos P2KB hanya memberikan data. Nominal yang akan diberikan yakni Rp200 ribu setiap bulannya yang akan diberikan sampai Desember 2020.

“Jumlah penerima bantuan ada 12.711 KK yang termasuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Nanti akan menerima kartu dan dapat digunakan di e-warung. Tentu penerima bantuan ini berbeda dengan yang Non DTKS yang nantinya akan mendapat bantuan Covid-19. Untuk yang bantuan Covid-19 ini datanya sudah kami susun dan diserahkan ke provinsi, dari provinsi diserahkan ke pusat, dan nantinya akan diserahkan kembali ke Kota Pekalongan. Penyaluran bantuan ini diupayakan Dinsos P2KB agar tak tumpang tindih,” pungkas Budiyanto.

Sumber Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: