Banjir Surut, 14.000 Paket Sembako Disalurkan

Kota Pekalongan – Banjir di Kota Pekalongan berangsur-angsur surut, masyarakat Kota Pekalongan mulai menjalankan aktivitas masing-masing. Taka da pengungsi lagi. Pasca banjir di Kota Pekalongan ini, Pemerintah Kota Pekalongan menyalurkan 14.000 paket sembako untuk warga terdampak banjir di Kota Pekalongan sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat. Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE menyerahkan secara simbolis bantuan ini di Aula Kelurahan Tirto dan Kelurahan Pasirkratonkramat, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Senin (9/3/2020).

Walikota Saelany hadir didampingi Plt Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P2KB), Ir Budiyanto MPi MHum dan Camat Pekalongan Barat, M Taufiqu Rohman SSTP, serta Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kota Pekalongan, Abu Al Mafachir.

Walikota Saelany mengungkapkan bahwa pembagian 14.000 paket sembako ini unutuk 24 kelurahan se-Kota Pekalongan, ada tiga kelurahan yang tidak. “Pemerintah sudah berjanji, bantuan yang berupa bersa dan mie instan ini harapannya dapat meringankan beban warga terdampak banjir, membantu kondisi mereka agar pulih,” ungkap Saelany.

Terkait penyaluran sembako ke kelurahan-kelurahan ini Saelany menekankan agar tepat sasaran, mereka yang mendapat bantuan sembako adalah mereka yang terdampak banjir dan betul-betul membutuhkan. Selain itu teknis pembagiannya juga jelas sehingga bantuan sapat disalurkan secara optimal.

Plt Kepala Dinsos P2KB Kota Pekalongan, Ir Budiyanto MPi MHum menjelaskan, Kota Pekalongan dua kali tanggap darurat banjir, pertama dari 20-26 Februari dan kedua dari 27 Februari sampai 4 Maret, dan tanggal 4 sampai dengan hari ini sudah mulai surut. “Pemerintah ingin membantu warga dengan bantuan sembako. Kami salurkan 14 ribu untuk 24 Kelurahan se-Kota Pekalongan. Mudah-mudahan dapat membantu mereka, jumlah yang diberikan memang tak seberapa tapi bentuk perhatian pemerintah ini semata-mata agara warga terdampak banjir dapat segera bangkit dari keterpurukan,” terang Budiyanto.

Rincian penyaluran bantuan sebagai berikut Kecamatan Pekalongan Utara sebanyak 4.900, Kecamatan Pekalongan Barat sebanyak 6.075, Kecamatan Pekalongan Timur sebanyak 2.325, dan Kecamatan Pekalongan Selatan sebanyak 700. Dari 24 kelurahan yang terdampak banjir, jumlah bantuan paling banyak diserahkan ke Kelurahan Tirto sebanyak 2.525 paket sembako dan Kelurahan Pasirkratonkramat sebanyak 2.550.

Sementara itu, Ketua LKKS Kota Pekalongan, Abu Al Mafachir mengutarakan bahwa pihaknya melakukan monitoring ke kelurahan-kelurahan yang menerima bantuan. Banjir yang paling parah yakni Kelurahan Tirto dan Kleurahan Pasirkratonkramat. Mafachir berharap para RT yang nantinya akan diberikan tanggung jawab oleh kelurahan, amanah dalam penyaluran bantuan. “Penyaluran bantuan ini jangan dilakukan satu kali pembagian, butuh pendataan dan waktu agar sasaran bantuan tepat,” pungkas Mafachir.

Sumber Dinkominfo Kota Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: