Kota Pekalongan – Untuk mengantisipasi terjadinya luapan banjir dari sungai, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan melakukan pembersihan sungai dari enceng gondok yang menghambat saluran air dan berpotensi menyebabkan banjir/luapan air di Sungai Bremi Kelurahan PasirKratonKramat, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, sejak Jumat (15/10/2021) sampai dengan hari ini Sabtu (16/10/2021).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekalongan Saminta Spd menjelaskan bahwa koordinasi cepat dilakukan BPBD bersama DLH, DPUPR, dan stakeholder terkait sehingga pada hari Jumat atas permintaan warga pembersihan eceng gondok ini dapat terlaksana. “Tim juga telah memberdayakan masyarakat untuk kerja bakti sebelumnya namun belum terlihat maksimal karena pertumbuhan eceng gondok sangat cepat,” terang Saminta.

Menurut Saminta antisipasi ini dilakukan agar saluran air di sungai lancar dan tidak ada yang tersumbat. Kerja bakti pembersihan eceng gondok kali ini juga memanfaatkan alat beras berupa dump truck dan excavator dari DPPR. “Harapannya ini dapat lebih optimal dalam melakukan pembersihan eceng gondok,” tandas Saminta.

Saminta meminta agar warga sekitar sungai Bremi ini peka dengan lingkungannya, jadi kalau bisa dapat melakukan pembersihan secara berkala.

Berbagi ke. . .
Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *