Ratusan Durian Jadi Rebutan Dalam Festival di Kecamatan Karanganyar

KAJEN – Pemkab Pekalongan melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Kepariwisataan (Dinporapar) menyelenggarakan Festival Durian di wisata alam La Ranch Desa Limbangan, Kecamatan Karanganyar, Minggu (9/2/2020) pagi.

Kegiatan yang bertajuk ”Festival Durian Kabupaten Pekalongan,” ini sangat ramai karena dipadati oleh ribuan warga dari sejumlah daerah. Kemeriahan terlihat usai Bupati Pekalongan, KH. Asip Kholbihi, SH.M.Si membuka kegiatan tersebut yakni ratusan durian yang dipamerkan di lokasi festival langsung jadi rebutan warga yang sudah menunggu.

Meski harus rela berdesak-desakan, namun warga tak mempedulikannya dan tetap mendekat lalu menyerbu tumpeng durian. Di antara mereka malahan ada yang rela naik supaya bisa mendapatkan buah berduri itu. Dalam waktu singkat, ratusan buah berduri maupun buah lainnya yang dipasang di gunungan langsung ludes.

Bupati Pekalongan KH. Asip saat memberikan sambutan menjelaskan kegiatan ini memang rutin diselenggarakan setiap tahun. Tujuannya ingin mempromosikan buah durian yang saat ini merupakan salah satu produk unggulan lokal di Kabupaten Pekalongan. Buah durian lokal di daerahnya memang punya rasa khas, ada yang manis, pahit, dan enak.

”Kita memang sedang berusaha mengenalkan produk produk terbaik yang ada di Kabupaten Pekalongan,” katanya.

Harapannya, kesejaheraan masyarakat, khususnya para petani buah durian akan semakin bagus. Apalagi durian lokal ini sudah bisa memasok ke sejumlah pasar buah di sejumlah kota dan kabupaten baik di Jawa Tengah maupun daerah Pulau Jawa lainnya.

Agar hasilnya lebih bagus lagi, maka para petani durian diminta lebih mengembangkan varian bibit durian dan ditanam secara masif sehingga para pecinta durian menjadi penasaran, lalu mencarinya dengan datang ke Kabupaten Pekalongan.

Dari informasi pantia kegiatan, setiap kali menggelar kegiatan serupa pasti pada saat para petani panen raya durian. Dengan demikian, yang dipamerkan maupun dibawa saat fastival murni hasil dari petani yang ada di wilayah kerjanya.

Tahun lalu, saat panen raya durian hasilnya mencapai sekitar 9.000 ton dan tahun 2020 meningkat menjadi lebih kurang 10.000 ton.
Kegiatan tersebut, menurut Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.M.Si juga ingin mengembangkan destinasi wisata. Di Kecamatan Karanganyar ada tiga Desa yang potensi wisatanya cukup menarik yakni Karanggondang, Limbangan, dan Lolong yang sering disebut Kabalong. Di tiga daerah ini ada terdapat kuliner, panorama alam yang indah, tanaman musiman (durian), permainan air serta tempat bermain anak-anak.

”Dari sektor pariwisata melalui sejumlah destinasi wisata, hasil yang diraih lebih kurang Rp 6 M,” tegasnya.

Melihat hasil seperti itu, berarti sektor pariwisata memang perlu dikembangkan lagi karena potensinya sangat bagus. Dengan demikian, bukan hanya infrastruktur seperti perbaikan jalan dan lainnya yang dikerjakan. Namun sektor tersebut harus ditingkatkan kembali karena berimbas dengan kesejahteraan masyarakat yang berdekatan dengan distinasi wisata.

Sementara itu, dalam kegiatannya tersebut ada lomba buah durian unggulan, tumpeng durian tingkat kecamatan dan desa. Adapun yang menilai adalah Bupati Pekalongan, Wakil Bupati Hj. Arini Harimurti, Wali Kota Pekalongan HM. Saelani Mahcfudz, Ketua DPRD Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM, Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf. Arfan Johan Wihananto, S.IP., MMS., Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, S.IK., M.Si., Kajari Kajen Mardani, SH, dan Kepala Kemenag DR. Kasiman Mahmud Desky, M.Ag.

Hasilnya untuk lomba unggulan, buah durian Mbalong milik Casono warga Desa Suroloyo, Doro menjadi juara pertama. Sedangkan juara dua ketiga direbut Kiswoyo, (Randem) warga Suroloyo, Doro, serta Khumaedi Pusoko (Puso) asal Desa Randusari, Doro.

Kemudian lomba kategori tumpeng tingkat kecamatan pemenangnya adalah Kecamatan Kesesi, lalu Kecamatan Lebakbarang, dan ketiga dari Kercamatan Bojong. Untuk lomba tingkat desa, juara pertama tumpeng durian Desa Limbangan, Karanggondang, dan Lolong.

Sumber Dinkominfo Kabupaten Pekalongan

Berbagi ke. . .
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *