Kota Pekalongan – Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid membuka kegiatan Turnamen Futsal Kalapas Pekalongan 2022 dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 Tahun 2022 dengan mengusung tema “Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham, bertempat di Lapangan Xtream Futsal Kuripan Kidul, Kota Pekalongan, Rabu (3/8/2022). Pembukaan turnamen futsal ini ditandai dengan tendangan sepak ke gawang yang dilakukan oleh Walikota Pekalongan yang akrab disapa Aaf tersebut.

Walikota Aaf menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Turnamen Futsal Kalapas Pekalongan 2022 yang diikuti oleh para petugas jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenkumham se-eks Karesidenan Pekalongan. Menurutnya, kegiatan olahraga ini dinilai baik sebagai ajang silaturahmi dan bagus untuk ditiru oleh instansi-instansi lainnya.

“Turnamen Futsal ini sangat bagus sekali untuk ajang silaturahmim, dan bagus ditiru oleh instansi lain. Dulu turnamen futsal antar instansi pernah diadakan tetapi sempat vakum. Alhamdulillah pandemic ini sudah mereda, kegiatan olahraga dan kegiatan lainnya sudah bisa dilakukan, mudah-mudahan kegiatan turnamen futsal Kalapas Pekalongan 2022 ini bisa berjalan lancar, sukses, hingga diperoleh juara pada sore nanti,” tutur Walikota Aaf.

Walikota Aaf berpesan kepada para tim futsal yang akan bertanding untuk tetap menjunjung tinggi sportivitas. Dimana, futsal ini merupakan olahraga fisik dan adu fisik, serta olahraga keras namun tidak boleh kasar. Apapun yang terjadi di lapangan selama proses bermain 2×20 menit ini tidak berimbas ke luar lapangan nantinya.

“Selama ini pembinaan dan sinergi yang terjalin antara Pemkot dengan jajaran UPT Kemenkumham di Kota Pekalongan sudah lebih baik. Meski dengan sarpras Lapas Pekalongan yang sering tergenang banjir, namun kami terus lakukan komunikasi untuk penanganannya, mengingat bangunan Lapas Pekalongan merupakan bangunan peninggalan Belanda dan merupakan cagar budaya,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Kasi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik pada Lapas setempat, Sri Hardono Setiawan mengaku bersyukur, pandemi Covid sudah mulai mereda, sehingga kegiatan di masyarakat, salah satunya turnamen futsal Kalapas Cup 2022 ini bisa digelar kembali sebagai ajang silaturahmi antar petugas jajaran UPT Kemenkumham se-eks Karesidenan. Selain itu, kegiatan ini dalam rangka memeriahkan HDKD ke-77 Tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus mendatang.

“Disamping itu, kegiatan ini juga mampu menjaga kesehatan petugas untuk meningkatkan kinerjanya dalam mengabdi dan melayani kepada masyarakat,” ucap Hardono.

Hardono menyebutkan, kegiatan turnamen futsal Kalapas Pekalongan ini diikuti oleh 10 tim futsal dari pegawai UPT Kemenkumham se-eks Karesidenan Pekalongan meliputi Lapas Pekalongan, Rutan Pekalongan, Rupbasan Pekalongan, Bapas Pekalongan, Lapas Batang, Lapas Tegal, Lapas Slawi, Lapas Brebes, Kanim Pemalang, dan Rutan Pemalang.

“Adapun hadiah bagi pemenang dalam turnamen futsal Kalapas Pekalongan Cup 2022 ini juara 1 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp2 juta, juara 2 memperoleh Rp1,5 juta, dan juara 3 mendapatkan uang sebesar Rp1 juta. Bagi pemenang turnamen ini nanti akan mewakili eks-karesidenan Pekalongan untuk bertanding kembali dengan tim futsal eks karesidenan daerah lain di Jawa Tengah pada ajang serupa di tingkat Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah pada 5 Agustus 2022 mendatang,” pungkasnya.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)

Berbagi ke. . .
Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *